A Myth of Texture Size - 8 May 2015 - Dev Blog - Counter-Strike Federation
Home » 2015 » May » 8 » A Myth of Texture Size
8:02 PM
A Myth of Texture Size
Bicara soal texture, pasti selalu berhubungan dengan proses render. Apa itu proses render? Menurut saya, proses render merupakan dimana sebuah proses untuk menampilkan sebuah grafik dengan optimal. Dalam kasus ini, hardware yang bekerja keras adalah VGA card. Ya, proses rendering akan dapat dilakukan jika kita memiliki VGA card. Hardware tersebut beroperasi dengan matrix, fragmentasi dan vector dimana proses penghitungan sangatlah berperan dalam kecepatan. Lalu apa hubungannya dengan masalah texture?

Seperti yang kita tahu, komputer bekerja dengan sistem bytes yang kemudian di terjemahkan menjadi bit. Setiap byte akan selalu berupa bilangan berpangkat dua, seperti 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128 dan seterusnya, maka jika kita menggunakan data yang sama dengan bilangan berpangkat dua, proses komputer akan semakin cepat dan menghemat memori. Bukan berarti bila angka berbeda maka tidak bagus, hanya saja efisiensi dari angka tersebut berpengaruh terhadap kinerja dan performa komputer. Layaknya prosesor, VGA juga bekerja sangat berat dalam mengoperasikan penghitungan agar render dapat tampil dengan optimal.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja VGA adalah dengan menggunakan texture dengan ukuran berpangkat 2, seperti 128x128, 256x256, 512x512, 1024x1024 dan seterusnya. Berarti jadi kotak dong? Memang, tapi dengan texture kotak seperti itu cara kerja VGA akan semakin baik dan performanya pun meningkat. Texture dengan ukuran tidak berpangkat 2 seperti 500x500, 200x300, 150x443 bukan berarti buruk, hanya saja performa nya akan sedikit lebih lambat dari pada dengan texture berpangkat 2. Tetapi ada alternatif lain yang berada di tengah-tengah ukuran texture di atas. contohnya adalah 256x512, 512x768, 64x512 dan seterusnya. Ukuran tersebut tidaklah ideal juga tidaklah buruk. Jadi it's OK untuk performa, hanya berbeda tipis. Nah sekarang sudah mengerti kan? Ayo yang suka edit-edit skin, coba dengan texture kotak agar performa saat rendering lebih meningkat. Sekian dari saya :)



Views: 237 | Added by: DavidJr | Rating: 5.0/1
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]
Mirum
sample map