Home » 2015 » April » 30 » StudioMDL Data
9:26 AM
StudioMDL Data

Format StudioMDL Data (SMD) merupakan sebuah 3D model dalam encoding ASCII untuk proses kompilasi oleh studiomdl. SMD digunakan pada Source dan GoldSrc engine, selain 2 engine di atas, SMD juga digunakan oleh Sauerbraten dan thrid party tool pada The Sims dan Mount & Blade.

SMD yang digunakan pada GoldSrc dan Source tentunya berbeda.

Types
SMD juga memiliki beberapa tipe, diantaranya adalah seperti berikut

Reference
Sebuah model yang sudah jadi dan memilik 1 frame default animasi untuk mendifinisikan pose default.
Mesh memiliki struktur seperti berikut:

header
nodes
skeleton
triangles

 

Animation
Sebuah file yang berisi skeleton / bones dan gabungan dari 1 atau lebih frame.
Struktur animasi adalah sebagai berikut:

header
nodes
skeleton (memilik header "time <x>" di setiap bagian, menunjukan frame)

 

Vertex
Vertex merupakan 3 titik yang dihubungkan dengan garis sehingga membentuk satu bagian segitiga
Strutukr vertex adalah sebagai berikut:

header
nodes
skeleton


Data Blocks
Jika tidak di definisikan, makan semua bilangan integer dimulai dari 0 dan semua tipe float dibatasi hingga 6 angka dibelakang koma.

Header

version 1


Nodes
Daftar semua bones yang ada pada model

Index "Nama Bone" (integer, string)
Contoh:

nodes
1 "child" 0
end


Skeleton
Data posisi untuk setiap bone pada setiap frame animasi.
Sintaks:
skeleton
time 0
ID Pos{X Y Z} Rotation{X Y Z}
end

Contoh:

skeleton
time 0
0   0 0 0   1.570796 0 0
1   1 0 0   0 0 0
time 1
1   1 2 0   0 0 0
time 2
1   1 0 0   0 0 0
end


Triangles
Sebuah segitiga yang di definisikan oleh 3 vertice. Dalam setiap segitiga terdapat ko-ordinat UV

Sintaks
ID Vertex{X Y Z} Normal{X Y Z} Normal{U V}

Contoh

triangles
my_material.bmp
0   0 0 0   0 0 1   0 1
end

 

source: https://developer.valvesoftware.com/wiki/Studiomdl_Data

Views: 1023 | Added by: DavidJr | Rating: 0.0/0
Only registered users can add comments.
[ Sign Up | Log In ]
Mirum
sample map