Format StudioMDL Data (SMD) merupakan sebuah 3D model dalam encoding ASCII untuk proses kompilasi oleh studiomdl. SMD digunakan pada Source dan GoldSrc engine, selain 2 engine di atas, SMD juga digunakan oleh Sauerbraten dan thrid party tool pada The Sims dan Mount & Blade.
SMD yang digunakan pada GoldSrc dan Source tentunya berbeda.
Types
SMD juga memiliki beberapa tipe, diantaranya adalah seperti berikut
Reference
Sebuah model yang sudah jadi dan memilik 1 frame default animasi untuk mendifinisikan pose default.
Mesh memiliki struktur seperti berikut:
header
nodes
skeleton
triangles
Animation
Sebuah file yang berisi skeleton / bones dan gabungan dari 1 atau lebih frame.
Struktur animasi adalah sebagai berikut:
header
nodes
skeleton (memilik header "time <x>" di setiap bagian, menunjukan frame)
Vertex
Vertex merupakan 3 titik yang dihubungkan dengan garis sehingga membentuk satu bagian segitiga
Strutukr vertex adalah sebagai berikut:
header
nodes
skeleton
Data Blocks
Jika tidak di definisikan, makan semua bilangan integer dimulai dari 0 dan semua tipe float dibatasi hingga 6 angka dibelakang koma.
Header
version 1
Nodes
Daftar semua bones yang ada pada model
Index "Nama Bone" (integer, string)
Contoh:
nodes
1 "child" 0
end
Skeleton
Data posisi untuk setiap bone pada setiap frame animasi.
Sintaks:
skeleton
time 0
ID Pos{X Y Z} Rotation{X Y Z}
end
Contoh:
skeleton
time 0
0 0 0 0 1.570796 0 0
1 1 0 0 0 0 0
time 1
1 1 2 0 0 0 0
time 2
1 1 0 0 0 0 0
end
Triangles
Sebuah segitiga yang di definisikan oleh 3 vertice. Dalam setiap segitiga terdapat ko-ordinat UV
Sintaks
ID Vertex{X Y Z} Normal{X Y Z} Normal{U V}
Contoh
triangles
my_material.bmp
0 0 0 0 0 0 1 0 1
end
source: https://developer.valvesoftware.com/wiki/Studiomdl_Data
|