Semua programming language memiliki control structure. Hanya saja gaya bahasanya yg berbeda.
Untuk AMX Mod X ini dia berbahasa Pawn, tp tenang saja mirip dengan C++ kok, malah lebih mudah. Langsung saja yuk.
1. If ElseIf Else
Control structure yang paling umum dijumpai, gunanya untuk membandingkan 2 atau lebih algoritma
Code
Codeif (Statement1) // Jika statement1 terpenuhi
{
// Jika statement1 terpenuhi
}
else if (Statement2) // Jika statement 2 terpenuhi
{
// Jika statement2 terpenuhi
}
else // Jika tidak ada statement diatas terpenuhi
{
// Jika tidak ada statement diatas terpenuhi
}
Sudah mengerti? Kita coba kepenggunaannya yuk.
Code
Codenew a = 1;
new b = 2;
new c = b + a;
if (a + b == c) // jika a ditambah b sama dengan c alias terpenuhi
{
// a + b = 3, apakah sama dengan c yang a + b juga? jika ya kondisi terpenuhi
}
else if (a + b == 5) // jika kondisi sebelumnya tidak terpenuhi coba dengan kondisi dimana a + b hasil nya 5
{
// Jika hasil a + b hasil nya lima kondisi ini terpenuhi
}
else // jika kondisi sebelumnya tidak ada yg memenuhi
{
// jika kondisi sebelumnya tidak ada yg memenuhi
}
2. Switch Case
Switch Case lebih cocok digunakan jika terlalu banyak menggunakan if else, tujuannya hanya agar lebih terlihat rapi
Code
CodeSwitch (Statement)
{
case 0:
{
// jika statement hasilnya 0
}
case 1:
{
// jika statement hasilnya 1
}
case 2:
{
// jika statement hasilnya 2
}
default:
{
Untuk hasil variable default, biasanya 0
}
}
Contoh penggunaan nya.
Code
Codenew a = 1;
b = 2;
c =;
switch (a)
{
case 0:
{
a = 1;
}
case 1:
{
a = a + b;
}
case 2:
{
a = a - b;
}
}
3. For (looping)
For adalah control structure untuk mengulang perintah
Code
Codenew a = 10;
for(new i = 0; i < a; ++i)
{
//terjemahan:
//jika variable i lebih kecil dari variable a, maka ulangi sampai variable i lebih besar sama dengan variable a
// new i = 0 mendaftarkan variable i dengan nilai 0
// i < a perbandingan logika jika variable i lebih kecil dari a (i = 0, a = 10)
// ++i menjumlahkan variable i satu persatu (loop satu i = 1, loop dua i =
2, loop 3 i = 3 sampai dengan loop 10 i = 10 dan berhenti)
}
Contoh penggunaan
Code
Codenew a = 10;
for (new i = 0; i < a; ++i)
{
client_print(0, print_chat, "PidPid unyu unyu *o*");
}
Output dari contoh loop seperti ini
Code
CodePidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
4. While (loop)
Sama untuk mengulang sebuah perintah, tp ini jarang digunakan
Code
Codenew i = 1;
while (i)
{
// selama i nilainya satu, eksekusi perintah
}
Contoh penggunaan
Code
Codenew i = 1;
while (i)
{
if (i == 10) break;
client_print(0, print_chat, "PidPid ganteng deh *o*");
++i;
}
Outputnya
Code
CodePidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*
PidPid unyu unyu *o*